25 Menu Masakan Sehari-hari Untuk Keluarga yang Enak dan Sehat

25 Menu Masakan Sehari-hari Untuk Keluarga yang Enak dan Sehat

Feb 17, 2022 by Kartika Aulia

Menu Masakan Sehari-hari Untuk Keluarga – Apakah kalian kehabisa ide menu masakan sehari-hari untuk keluarga? Tepat sekali, selain mempertimbangkan cita rasa, kita juga perlu memperhatikan nilai gizi dan kesehatan menu makanan yang disajikan untuk keluarga setiap harinya. Nah, menu makanan yang sehat itu tidak harus mahal dan mewah, bahkan menu sederhana bisa jadi pilihan yang cocok asalkan tetap sehat dan memenuhi kebutuhan gizi keluarga di rumah.

Yuk simak daftar menu masakan sehari-hari untuk keluarga berikut ini yang enak, sehat, dan mudah di masak:

Daftar Menu Masakan Sehari-hari Untuk Keluarga

1. Tempe Bacem

Jika kalian menyukai manisan, maka bisa memilih Tempe Bacem sebagai menu masakan sehari-hari:untuk keluarga. Siapkan tempe seperlunya, lalu haluskan bawang putih. Jika bawang putih sudah harum, goreng dan tambahkan kecap asin dan garam secukupnya. Setelah mendidih, tambahkan air dan tempe. Rendam bumbu dalam tempe. Maka sudah siap untuk dinikmati. Menjadikan Tempe Bacem sebagai menu sehari-hari menjadi pilihan tepat bagi kalian yang menginginkan cara menyiapkan masakan yang mudah.

2. Telur Balado

Telor balado sangat mudah disiapkan sebagai menu harian di rumah. Yang harus dilakukan adalah menyiapkan cabai merah, bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan. Kemudian goreng terlebih dahulu hingga telur matang. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan dan goreng sampai matang. Kemudian bumbui dengan garam, gula dan penyedap rasa. Setelah topping, tambahkan telur dan aduk rata dengan bumbu balado. Hidangan telur balado sudah siap disantap.

3. Bihun Goreng

Bihun goreng merupakan menu yang sering dijumpai di warung nasi goreng. Tentunya mudah dan enak untuk menyiapkan bihun goreng sebagai menu masakan sehari-hari untuk keluarga di rumah. Selain itu, bahan-bahan bihun goreng juga sangat murah untuk dibeli karena hanya menggunakan bahan-bahan dasar seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai.

4. Rendang

Rendang merupakan menu makanan yang digemari banyak orang. Bahkan Rendang menduduki peringkat nomor satu dalam daftar CNN 50 makanan terlezat di dunia tahun 2011. Menyiapkan Rendang sebagai menu masakan sehari-hari adalah pilihan yang tepat. Rendang tidak diragukan lagi kepopulerannya di kalangan banyak orang dan membuat mereka lapar setiap kali makan. Rendang bisa menambah nafsu makan kita.

5. Gulai

Ide menu masakan harian selanjutnya adalah gulai atau kari. Gulai merupakan menu khas di pulau Jawa dan Sumatera. Gulai adalah hidangan dengan saus gurih yang menggunakan rempah-rempah. Merek dagang Gulai adalah saus kuning yang kaya. Bumbu kari terbuat dari berbagai macam bumbu seperti kunyit, bawang merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, lengkuas, jahe, adas, pala, serai, jinten dan kayu manis. Anda bisa menggunakan ayam, sapi, dan kambing untuk membuat kari.

6. Tongseng Daging

25 Menu Masakan Sehari-hari Untuk Keluarga yang Enak dan Sehat

Menu masakan harian yang bisa dicoba dirumah selanjutnya adalah tongseng daging. Secara umum, banyak yang mengira tengkleng dan tongseng itu sama. Namun kedua makanan tersebut jelas berbeda. Perbedaannya terletak pada bahan dasar daging yang digunakan. Jika Tengkleng umumnya menggunakan daging kambing, sedangkan Tongseng adalah menu yang menggunakan daging sapi. Masakan ini mirip dengan gulai tetapi menggunakan bumbu seperti jahe, cengkeh, kayu manis, pala, daun jeruk dan batang serai. Tentu cocok sebagai menu masakan harian untuk keluarga.

7. Rawon Surabaya

Rawon adalah makanan khas Surabaya di Jawa Timur. Kecap hitam digunakan untuk olahan daging yang konon merupakan makanan favorit keluarga kerajaan. Warna hitamnya berasal dari buah kluwek. Selain kluwek, masakan ini menggunakan bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, dan daun salam. Kalian juga bisa menambahkan sayuran seperti tauge sebagai pelengkap. Masyarakat Surabaya rutin menjadikan Rawon sebagai menu makanan sehari-hari. Hidangan ini merupakan ciri khas masakan kota pahlawan tersebut.

8. Pecel Semanggi

Masyarakat Jawa Timur khususnya kota Surabaya pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini. Pecel semanggi terkenal sebagai makanan khas Surabaya. Masyarakat Surabaya kerap menjadikan pecel semanggi sebagai menu sehari-hari. Ada perbedaan dengan keunikan pecel ini yang membedakannya dengan menu pecel lainnya. Perbedaannya terletak pada penggunaan daun semanggi dan kecambah di dalamnya. Selanjutnya adalah bumbu petis yang merupakan campuran dari ubi jalar, kacang tanah, gula merah dan pettis. Perbedaan lain terletak pada cara unik menikmati hidangan ini, yakni menggunakan kerupuk sebagai sendok dan menyajikannya di atas daun pisang. Ini sangat tradisional dan sangat lezat.

9. Sup Ayam

Menjadikan sup ayam sebagai bagian dari menu harian juga merupakan pilihan yang tepat. Apalagi bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Pertama, bahan-bahan untuk membuat sup ayam sangat mudah didapat, cara memasaknya pun mudah, tidak memakan waktu lama, dan rasanya tidak kalah enak. Kalian juga bisa menambah variasi dengan menambahkan sosis dan toping lainnya. Dijamin sup ayam sebagai menu harian tidak akan gagal atau mengecewakan.

10. Capcay

Capcay merupakan salah satu menu yang ditawarkan oleh para penjual nasi goreng, sehingga anda bisa menemukannya di penjual nasi goreng. Campuran sayuran bergizi ini sangat cocok untuk vegetarian yang ingin makan makanan sehat namun lezat. Namun, untuk pemakan daging, ayam, seafood, atau daging sapi juga bisa ditambahkan ke dalam campuran capcay.

11. Sayur Asem

Jika Kalian menyukai sayuran, cobalah resep ini sebagai menu masakan sehari-hari untuk keluarga. Hanya membutuhkan seikat daun kacang tanah, 34 ekor udang, kacang panjang cicip, 3 bawang putih, 4 bawang merah, 1 daun salam, 1 tomat, 1 lengkuas, garam dan gula. Persiapannya sangat mudah. Pertama bersihkan kepiting dan bagi menjadi dua, lalu rebus kepiting dalam air mendidih. Siapkan dan iris bawang bombay dan tomat, serta lengkuas geprek. Saat rebusan kepiting selesai dengan benar, tambahkan sayuran. Jangan lupa tambahkan lengkuas dan daun salam, serta gula dan garam. Sayuran biasanya cenderung cepat empuk dan hancur, jadi rebus sebentar. Jangan lupa cek rasa, jika sudah sesuai selera resep yang satu ini siap membantu.

12. Ayam Saus Tiram Pedas

Menu rekomendasikan selanjutnya adalah ayam saus tiram yang simple. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat saus tiram ayam pedas ini sama dengan saus tiram ayam biasa. Namun bedanya menggunakan cabai rawit untuk menambah rasa pedas pada resep ini. Resepnya sama persis, hanya dengan cabai rawit saja, rasa pedas dari resep ayam pedas ini ditambah dengan saus tiram. Ayam pedas dengan saus tiram enak dengan nasi putih dan kerupuk.

13. Telur Dadar

Menu makan malam sederhana yang dibuat dari telur adalah telur dadar. Indonesia bukan satu-satunya negara yang suka membuat telur dadar. Ternyata orang Italia juga suka membuat telur dadar atau frittata. Frittata merupakan makanan berbahan dasar telur yang bisa dijadikan sebagai menu makan malam. Cukup campurkan telur dengan sayuran seperti jamur, bayam dan daun bawang ke dalam frittata. Bayangkan, butir telur dan bayam dapat memenuhi hingga 26 persen kebutuhan vitamin A harian kita. Vitamin A diketahui dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan dan rabun senja. Jika memungkinkan, masak telur dadar Italia ini dengan minyak zaitun atau minyak alpukat.

14. Mie Zucchini

25 Menu Masakan Sehari-hari Untuk Keluarga yang Enak dan Sehat

Para pecinta pasta harus mencoba Mie Zucchini sebagai camilan makan malam yang lezat dan sehat. Mie ini terbuat dari mentimun Jepang, yang sangat rendah kalori. Bayangkan, sepiring mie zucchini ini hanya mengandung 19 kalori. Menu makan malam ini cukup memadukan zucchini dengan makanan kesehatan lainnya seperti dada ayam. Dada ayam adalah sumber protein yang baik. Selain itu, dada ayam tidak mengandung lemak yang tinggi. Selain itu, dada ayam juga mengandung fosfor, selenium, vitamin B6, dan asam nikotinat.

15. Ayam dan Quinoa

Quinoa adalah makanan sehat yang berasal dari tanaman quinoa dari Akaza. Biji ini mengandung asam lemak omega-6 dan asam folat. Campurkan semangkuk quinoa dengan dada ayam, yang rendah lemak dan tinggi protein. Masak quinoa dalam air mendidih sampai air mendidih benar-benar diserap oleh quinoa. Saat siap untuk disajikan, sajikan quinoa dalam semangkuk ayam sebagai “taburan”.

16. Olahan Ikan

Ikan, terutama salmon, tuna, dan mackerel, adalah hidangan makan malam sehat yang tidak boleh dilewatkan. Bayangkan, kombinasi vitamin D dan asam lemak omega 3 pada ikan dikatakan dapat meningkatkan kualitas tidur. Tak heran jika menu sehat ini bisa merangsang pelepasan hormon serotonin dalam tubuh. Faktanya, dalam sebuah penelitian, responden yang makan 8 ons salmon tiga kali seminggu selama enam bulan tertidur lebih awal dibandingkan mereka yang makan ayam atau babi. Cukup campurkan ikan kukus atau bakar dengan sayuran favorit. Tidak hanya enak, menu makan malamnya tentu saja sehat.

17. Nasi Kembang Kol dan Ayam

Nasi Kembang Kol adalah alternatif nasi rendah karbohidrat yang sehat. Saat ini, ada banyak nasi goreng kembang kol di pasaran. Selain itu, menu makan malam keluarga juga enak, apalagi jika dipadukan dengan makanan berprotein tinggi seperti ayam. Jangan lupa tambahkan merica dan garam pada ayam untuk memperkaya rasa.

18. Sayur Tauge

Menu pertama hari ini adalah sayur taoge. Tauge adalah bahan yang diperoleh dari biji kedelai. Mempersiapkan hidangan ini sangat mudah. Tidak membutuhkan banyak bahan. Hanya membutuhkan tauge, bawang putih, bawang bombay dan tomat. Untuk membuatnya, bersihkan tauge, rendam dalam air dan mulailah memasak. Selanjutnya siapkan wajan dengan minyak dan tumis bawang putih, bawang bombay dan tomat. Setelah layu, tambahkan tauge dan bumbu penyedap rasa sesuai selera.

19. Sayur Tahu

Menu masakan sehari-hari untuk keluarga yang bisa dicoba adalah sayur tahu. Sayur tahu merupakan masakan yang sangat sederhana yang bisa dijadikan sebagai menu sehari-hari. Tidak hanya murah, pembuatannya juga sangat mudah. Yang harus dilakukan adalah menyiapkan tahu goreng dan taruh dengan berbagai bumbu. Sebelum menambahkan saus untuk memasak sayuran tahu, disarankan untuk menggiling bumbu dan kemudian menggorengnya.

20. Perkedel

Perkedel adalah masakan yang bisa dijadikan lauk dari kentang untuk manu makanan keluarga. Menu harian kentang butuh waktu lama untuk digoreng terlebih dahulu, sebelum memotong kentang menjadi potongan-potongan kecil dan mencampurnya dengan telur dan bumbu lainnya. Setelah kentang, campur telur dan bumbu. Yang harus diakukan adalah membentuknya menjadi sedikit bulat pipih, mencicipinya, dan menggorengnya sesuai keinginan.

21. Udang Saus Padang

25 Menu Masakan Sehari-hari Untuk Keluarga yang Enak dan Sehat

Inspirasi menu pertama hari ini adalah Udang Saus Padang. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu inil adalah charlotte, bawang putih, jahe, cabai merah besar, saus tomat, saus pedas dan kecap manis. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat bumbu halus: paprika, bawang merah, bawang putih dan jahe. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan udang kupas dan aduk rata. Tambahkan kecap, kecap manis, gula dan garam sesuai selera. Aduk rata kembali dan tambahkan air. Jangan lupa koreksi rasa dan masak hingga udang benar-benar matang dan bumbu meresap ke dalam udang.

22. Oseng Tempe

Oseng Tempe adalah andalan seluruh keluarga Indonesia. Bumbui tempe, kemangi, bawang bombay, bawang putih, cabai rawit merah, kecap manis, gula pasir dan garam. Membuat menu harian untuk ini sangat mudah. Pertama sedulur memotong tempe menjadi kubus lalu goreng sampai api sedang. Iris cabai, bawang putih dan bawang merah, tumis dan tambahkan gula dan garam. Tambahkan tempe dan aduk rata. Jangan lupa tambahkan kemangi dan kecap manis. Masak hingga bumbu meresap ke tempe.

23. Ayam Kecap Manis

Menu selanjutnya adalah ayam kecap manis. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ayam, bawang merah, bawang bombay, bawang putih, kecap manis, saus tomat, garam dan 500 kaldu bubuk. Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan ayam sampai bau ikannya hilang lalu gunakan perasan jeruk nipis untuk menyegarkan dagingnya. Masukkan daging ke dalam lemari es dan rendam selama 15 menit.

Setelah itu iris tipis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. Masukkan bumbu bawang bombay ke dalam minyak panas dan tumis hingga harum. Masukkan ayam yang sudah dimarinasi dan aduk rata. Kemudian tambahkan air dan aduk kembali, tambahkan kecap, saus tomat, garam dan sup. Ingatlah untuk menyesuaikan rasa jika jumlah memasak yang tepat sampai ayam benar-benar matang dan direndam dengan bumbu. Ayam mudah dan kecap manis sudah siap.

24. Cah Kangkung Bawang Putih

Untuk resep harian di rumah, kalian perlu mencicipi bahan-bahan yang sangat sederhana, yakni kangkung bersih, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam, gula, kaldu ayam bubuk dan gula. Persiapannya sangat mudah. Iris terlebih dahulu bumbu yang sudah dihaluskan kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay. Saat aromanya keluar, tambahkan cabai rawit dan goreng. Kemudian masukkan kangkung, aduk rata hingga kangkung layu, tambahkan air panas secukupnya. Tambahkan gula, garam dan bubuk merica. Jika ingin mencicipinya, resep kangkung panggang ini siap disantap.

25. Terong Balado

Terong balado adalah resep masakan sehari-hari yang bisa jadi pilihan tepat untuk menu makanan keluarga. Bahan yang dibutuhkan adalah terong ungu sedang, cabai merah keriting, cabai merah, bawang merah bawang putih, tomat merah sedang, batang serai, garam, bumbu dan gula. Langkah pertama dalam menyiapkan bumbu terong ini dengan menggiling dan menggoreng bumbu, kecuali batang serai, sampai bumbu mengeluarkan aroma.

Kemudian tambahkan serai dan aduk rata. Masak sebentar bumbu balada, lalu tambahkan terong ungu ke dalam bumbu dan aduk rata. Bumbui dengan garam, rempah-rempah dan gula. Lanjutkan mengaduk hingga tercampur rata. Ingatlah untuk memodifikasi rasanya agar balada terong cocok dengan selera Anda. Pastikan terong benar-benar matang.

, , , , , , , , , , , ,

© 2022 • WISATARUMAHJIWA.COM