Cara Mengirim Paket Lewat JNE untuk Pemula yang Aman dan Anti Ribet, dari Layanan REG – YES

Cara Mengirim Paket Lewat JNE untuk Pemula yang Aman dan Anti Ribet, dari Layanan REG – YES

Feb 25, 2022 by Kartika Aulia

Wisatarumahjiwa – JNE merupakan salah satu agen pengirimam barang yang ada di Indonesia. Bukan hanya barang yang kecil saja, kita bahkan bisa mengirim barang apapun di JNE bahkan dalam ukuran besar seperti motor sekalipun. Bagi kalian yang mau mengirim barang untuk pertama kali, ada loh beberapa cara mengirim paket lewat JNE yang mudah dan praktis. Kalian bisa mengikuti tahapan di bawah ini, sebagai cara mengirim paket lewat JNE agar tidak salah.

Cara Mengirim Paket Lewat JNE

Cara mengirim paket lewat JNE dimulai dari ongkos kirim, cara packing, hingga melacak paket kalian. Sehingga jangan takut salah dalam melakukan tahapan mengirim paket ke JNE bagi kalian para pemula.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara mengirim paket lewat JNE yang mudah dan praktis untuk kalian para pemula. Dari layanan REG hingga YES yang mudah dan praktis. Yuk langsung saja dicek.

1. Tarif Ongkos Kirim JNE

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengirim paket lewat JNE, kalian harus tahu nih berapa tarif ongkos kirim yang di berikan oleh JNE. Berikut ini beberapa cara kalian mengetahui tarif ongkos kirim JNE untuk kota tujuan:1. Pertama kalian masuk laman www.jne.co.id/id/tracking/tarif

2. Selanjutnya kalian bisa isi kolom origin dengan kota pengirim.

3. lalu pada kolom destination diisi kota penerima.

4. Selanjutnya kalian bisa masukkan berat barang pada kolom weight. Kalian bisa isi 1Kg dulu bila belum tahu berat pada paket yang akan di kirim.

5. Bila sudah, kalian bisa klik tombol Check dan isi chaptcha.

6. Kemudian klik tombol Check dan pilih layanan yang kalian inginkan, bisa JNE OKE, Reguler, YES atau lainnya.

7. Bila semua tahapan sudah di lakukan, maka ongkos kirim akan muncul.

2. Kemas Paket Sesuai Standar JNE

Bila kalian sudah mengetahui berapa ongkos kirim yang dibutuhkan, sekarang kalian harus mengetahui tahapan pertama sebelum mengirim paket kalian ke JNE. Cara pertama yang paling penting dan utama yaitu kemasan paket kalian.

Yup! Kemasan paket harus memenuhi standar ya , tidak boleh sembarangan atau asala-asalan, hal ini agar paket kalian sampai dengan aman. Berikut ini tahapan-tahapan yang bisa kalian lakukan saat akan mengemas paket:

1. Pertama siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti kardus untuk packing, gunting, selotip besar, bubble wrap (bila barang pecah belah), kardus, koran, plastik.

2. Setelah itu kalian bisa lapiskan barang menggunakan koran dan plastik dengan rapat.

3. Bila sudah, kalian bisa masukkan ke dalam kardus yang ukurannya sudah disesuaikan. Jangan terlalu sempit dan jangan terlalu longgar ya.

4. Setelah itu kalian bisa bungkus kardus dan rekatkan menggunakan selotip besar.

5. Kemudian kalian bisa lapiskan lagi menggunakan bubble wrap yang telah disiapkan. Ini bisa menjadi opsi saja, namun untuk barang yang rentan pecah atau terbelah, ada baiknya menggunakan bubble wrap.

6. Selesai, paket sudah di packing dengan rapi dan sesuai standar.

Baca juga : 15 HP Gaming Murah Spek Gahar Terupdate

3. Tuliskan Alamat dengan Tepat

Cara mengirim paket lewat JNE yang selanjutnya yaitu dengan menuliskan alamat kalian dengan benar dan tepat. Dan berikut ini beberapa hal yang bisa kalian masukkan ke dalam alamat yang akan dituju:1. Pertama, kalian bisa siapkan kertas (akan lebih baik berwarna putih) untuk menulis alamat kalian.

2. Selanjutnya kalian bisa masukkan nama pengirim dan penerima, jangan lupa masukkan nomor telepon keduanya.

3. Setelah itu masukkan alamat lengkap seperti nomor rumah, warna rumah, warna pagar, nama gang, nama jalan, nama perumahan, nama desa, nama kecamatan, nama kelurahan, kota, dan provinsi. Semakin lengkap alamat akan semakin mempermudah kurir untuk mengirimkan paket kalian.

4. Bila sudah, kalian bisa merekatkan kertas tersebut di paket yang akan kalian kirim.

4. Datang ke Agen Terdekat

Cara Mengirim Paket Lewat JNE

Bila sudah, kalian bisa langsung datang ke agen terdekat sebagai salah satu cara mengirim paket lewat JNE yang selanjutnya. Kalian bisa mencari agen JNE lewat Google maps. Bila sudah ketemu di tempat yang terdekat, kalian bisa langsung datang ke sana dan mengirimkan paket tersebut.

5. Pilih Layanan JNE yang Ingin Digunakan

Bila kalian sudah ke tempat tujuan, cara mengirim paket lewat JNE yaitu dengan memilih layanan JNE yang akan kalian lakukan. Layanan ini hanya berbeda waktu sampai paketnya. Ada yang estimasi pengiriman kilat, standar, hingga lama. Semua tergantung dengan layanan JNE yang kalian pilih. Berikut ini beberapa layanan JNE yang bisa kalian pilih:1. JNE REG (Reguler) = Layanan kirim paket dengan estimasi waktu sampai 1-7 hari kerja (sesuai jarak tempuh). Pengiriman tidak berlaku untuk hari Minggu & libur nasional.

2. JNE YES (Yakin Esok Sampai) = Layanan kirim paket dengan estimasi waktu sampai 1 hari (termasuk hari Minggu & libur nasional). Ada garansi uang kembali jika terlambat.

3. JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) = Layanan kirim paket dengan harga yang lebih ekonomis dibanding layanan REG. Pengiriman tidak berlaku untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.

4. JNE Trucking (JTR) = Layanan kirim paket minimum 10 kg menggunakan armada truk dengan harga yang lebih hemat. Bisa untuk kirim furniture, motor, dan lainnya.

6. Lacak Paket JNE

Bila paket sudah di kirim, maka cara mengirim paket lewat JNE yang terakhir yaitu dengan melacak paket kalian. Yup! Kalian bisa melacak paket kalian sudah sampai mana. Berikut ini beberapa cara mengirim paket lewat JNE dan melacaknya:

1. Pertama, kalian bisa masuk ke laman “Cek Resi JNE”.

2. Selanjutnya pada kolom kurir, pilih Ekspedisi JNE.

3. Lalu kolom resi, bisa kalian isikan Nomor Resi JNE yang telah kalian dapatkan.

4. Jika sudah komplit, klik tombol “Lacak”.

5. Selesai. Sistem akan memunculkan di mana posisi barang kalian dan beberapa istilah pengiriman JNE lainnya seperti:

– On Process : barang sedang diproses untuk pengiriman.
– Received at Warehouse : barang sampai ke gudang JNE terdekat dari kota tujuan.
– Received at Origin Gateway : barang sampai ke gudang JNE kota tujuan.
– On Transit : barang sedang transit di kota lain.
– Received on Destination : barang sudah sampai kota tujuan pengiriman tapi belum dikirim ke alamat.
– Delivered : barang sampai di alamat pengiriman.

, , , , , , , , , , , , , , ,

© 2022 • WISATARUMAHJIWA.COM