9 Macam Kunci Gitar Dasar bagi Pemula, Mudah Dipraktikkan

9 Macam Kunci Gitar Dasar bagi Pemula, Mudah Dipraktikkan

Feb 7, 2022 by Kartika Aulia

Wisatarumahjiwa.comGitar merupakan salah satu alat musik yang praktis dan dapat dimainkan di mana saja. Sebab, alat musik ini tidak membutuhkan daya listrik untuk dapat dimainkan. Gitar dapat dimainkan secara akustik, cukup dengan senar dan tabung, gitar bisa menghasilkan ritme dan melodi musik yang menyenangkan.

Bermain gitar ini bisa menjadi hobi tersendiri untuk mengisi waktu luang. Bahkan, Anda bisa membawa gitar dan bernyanyi bersama saat berkumpul dengan keluarga maupun teman-teman. Ini menjadi kegiatan menarik yang dapat menghangatkan suasana serta memberikan kualitas waktu terbaik saat berkumpul dengan orang-orang terdekat.

9 Macam Kunci Gitar Dasar bagi Pemula

Bagi yang sudah bisa memainkan gitar, tentu bukan menjadi suatu masalah. Namun bagi pemula, tentu memerlukan pengetahuan dasar untuk bisa memainkan gitar. Salah satunya dengan mengetahui beberapa macam kunci gitar dasar. Beberapa macam kunci gitar dasar ini bisa menjadi bekal untuk memainkan berbagai macam lagu.

Dengan begitu, Anda bisa belajar dan mempraktikkan langsung beberapa macam kunci gitar dasar berikut ke dalam sebuah lagu yang bisa dimainkan. Meskipun tidak mudah, hal ini perlu dilakukan dengan tekun hingga jari-jari tangan mulai terbiasa dan cekatan dalam menekan senar kunci dan memetik senar pada badan gitar.

Bagi Anda yang sedang belajar gitar, bisa menyimak beberapa macam kunci gitar dasar berikut. Dilansir dari situs KBL, berikut kami merangkum beberapa macam kunci gitar dasar bagi pemula yang perlu Anda ketahui dan praktikkan.

Letak Senar dan Penyebutannya

Sebelum mengetahui beberapa macam kunci gitar dasar yang akan dimainkan, perlu diketahui terlebih dahulu letak senar dan penyebutannya.

Perlu dipahami, bahwa setiap senar dalam gitar memainkan nada yang berbeda-beda, yaitu nada E, A, D, G, B, dan E’ (E tinggi). Berikut adalah letak senar dan nada yang dihasilkan :

  • Senar 1 : berada di paling bawah menghasilkan nada E’
  • Senar 2 : berada di atas senar 1 menghasilkan nada B
  • Senar 3 : berada di atas senar 2 menghasilkan nada G
  • Senar 4 : berada di atas senar 3 menghasilkan nada D
  • Senar 5 : berada di atas senar 4 menghasilkan nada A
  • Senar 6 : berada di paling atas menghasilkan nada E

9 Macam Kunci Gitar Dasar bagi Pemula

Kunci C, D, A

1. Kunci C

Macam kunci gitar dasar yang pertama adalah kunci C. Kunci ini dimainkan dengan menekan senar 2 pada fret pertama, senar 4 pada fret kedua, dan senar 5 ada fret ketiga. Di sini, Anda bisa menggunakan jari telunjuk untuk menekan senar 2, jari tengah untuk menekan senar 4, dan jari manis menekan senar 5.

2. Kunci D

Macam kunci gitar selanjutnya adalah kunci D. Kunci ini dimainkan di dalam fret kedua dan ketiga. Di mana jari telunjuk menekan senar 3 pada fret kedua, jari tengah menekan senar 1 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 2 pada fret ketiga.

3. Kunci E

Berikutnya adalah macam kunci gitar E. Kunci ini dimainkan dalam fret pertama dan kedua. Caranya letakkan jari telunjuk pada senar 3 fret pertama, jari tengah menekan senar 5 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 4 pada fret kedua.

Baca juga : 8 Trik agar tidak salah pilih warna cat rambut

Kunci F, G, A

4. Kunci F

Selanjutnya yaitu macam kunci gitar F. Kunci F dimainkan serupa kunci C, namun dengan letak yang berbeda. Letakkan jari telunjuk untuk menekan senar 2 pada fret pertama, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 4 pada fret ketiga.

5. Kunci G

Macam kunci gitar dasar berikutnya adalah kunci G. Kunci G dimainkan pada fret kedua dan ketiga. Jari manis menekan senar 5 pada fret kedua, jari tengah menekan senar 6 pada fret ketiga, dan jari manis menekan senar 1 pada fret ketiga.

6. Kunci A

Selanjutnya adalah macam kunci gitar A. Kunci ini dimainkan hanya pada fret kedua saja. Letakkan jari telunjuk pada senar 4 fret kedua, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 2 pada fret kedua.

Kunci Dasar Minor

7. Kunci Dm

Macam kunci gitar dasar berikutnya adalah kunci D minor (Dm). Kunci ini dimainkan pada fret pertama, kedua, dan ketiga. Jari telunjuk diletakkan pada senar 1 fret pertama, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 2 pada fret ketiga.

8. Kunci Em

Macam kunci gitar selanjutnya adalah kunci E minor (Em). Kunci ini dimainkan pada fret kedua saja. Caranya letakkan jari tengah untuk menekan senar 5 pada fret kedua dan jari manis menekan senar 4 pada fret kedua. Pastikan kedua jari menekan senar di posisi tengah tidak menyentuh garis pembatas fret karena bunyinya akan berbeda dan tidak nyaring.

9. Kunci Am

Macam kunci gitar dasar yang terakhir adalah A minor (Am). Kunci Am dimainkan pada fret pertama dan kedua. Caranya letakkan jari telunjuk untuk menekan senar 2 pada fret pertama, jari tengah menekan senar 4 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 3 pada fret kedua.

, , , , , , , , , , , , , , , ,

© 2022 • WISATARUMAHJIWA.COM