6 Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak, Mudah Dilakukan dan Aman

6 Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak, Mudah Dilakukan dan Aman

Feb 11, 2022 by Kartika Aulia

Wisatarumahjiwa – BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan adalah program jaminan sosial yang ditujukan sebagai jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Maka memahami status kepesertaan BPJS Kesehatan ini penting untuk pelayanan jaminan sosial tersebut. Bagaimana cara cek BPJS aktif atau tidak?

Mudah dilakukan dan aman, cara cek BPJS aktif atau tidak bisa diselesaikan secara online dan offline. Cara cek BPJS aktif atau tidak secara online dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, website BPJS, pesan singkat WhatsApp, SMS, dan telepon. Sementara cara cek BPJS aktif atau tidak secara offline bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang BPJS dan mendatangi petugas BPJS di rumah sakit rujukan.

Nah, apabila saat cara cek BPJS aktif atau tidak muncul notifikasi diminta registrasi ulang, maka peserta BPJS Kesehatan harus memperbarui data NIK (Nomor Induk Kependudukan). Prosesnya bisa dilakukan dengan menyampaikan NIK Dukcapil melalui kanal pelayanan Tatap Muka dan Tanpa Tatap Muka. Pembaruan data tidak akan mengurangi hak peserta mendpaat jaminan pelayanan kesehatan.

Berikut Wisatarumahjiwa ulas cara cek BPJS aktif atau tidak secara online dan offline, Jumat (11/2/2022).

Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak Secara Langsung

Mengetahui aktif atau tidak kepesertaan BPJS Kesehatan bisa dicek secara langsung atau offline dengan mendatangi kantor BPJS. Cara cek BPJS aktif atau tidak, tinggal melapor pada petugas yang ada di kantor BPJS Kesehatan dan menanyakan segala hal terkait BPJS Kesehatan tersebut.

Peserta yang penasaran dengan aktif atau tidak kepesertaan BPJS Kesehatan, juga bisa mengunjungi BPJS Mobile Customer Service. Cara cek BPJS aktif atau tidak secara langsung ini, dilakukan dengan mendatangi kendaraan roda empat yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Ketersediaan layanan BPJS ini biasanya ada di wilayah yang jauh dari kantor cabang BPJS Kesehatan.

Cara cek BPJS aktif atau tidak juga bisa dilakukan dengan mendatangi petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit yang menjadi rujukan. Petugas dari “BPJS SATU!” berperan dalam Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit.

Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak Melalui Aplikasi Mobile JKN

6 Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak

1. Cara cek BPJS aktif atau tidak melalui aplikasi mobile JKN, dilakukan dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan di Google Play Store atau App Store.

2. Buka aplikasi yang telah terpasang di smartphone dan cara cek BPJS aktif atau tidak dilakukan dengan mengisi form login, mengisi nomor kartu BPJS, atau email aktif dan password.

3. Peserta yang sudah berhasil mendaftarkan diri sebelumnya di aplikasi mobile JKN, disarankan cara cek BPJS aktif atau tidak langsung mengisi form dan klik “login”. Namun bagi yang belum pernah mendaftar, klik “Register”.

4. Isi form pendaftaran yang tertera di halaman setelah login atau masuk. Mulai dari nomor BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor ponsel serta password. Cara cek BPJS aktif atau tidak selanjutnya, isi alamat email dan nomor ponsel yang sesuai dengan data saat mendaftar BPJS Kesehatan.

5. Klik “Register” dan pengguna akan menerima form verifikasi yang perlu diisi dengan kode angka unik. Kode unik tersebut akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar.

6. Cara cek BPJS aktif atau tidak melalui aplikasi mobile JKN selanjutnya, buka pesan masuk di email dari BPJS Kesehatan, salin kode unik dan masukkan ke dalam form verifikasi untuk bisa langsung klik “Verify”.

7. Terakhir, pilih menu “Peserta” untuk cara cek BPJS aktif atau tidak. Layanan ini digunakan untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan.

Klik juga : 50 Kata Kerja dalam Bahasa Inggris, Lengkap dengan Contoh Kalimat

Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak Melalui Call Center

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus memperkuat layanan Call Center bernomor 1500 400 untuk cara cek BPJS aktif atau tidak.

1. Peserta BPJS Kesehatan bisa menghubungi nomor call center 1500 400 untuk cara cek BPJS aktif atau tidak.

2. Apabila sudah memanggil, peserta akan terhubung dengan pusat Customer Service BPJS Kesehatan yang siap mengatasi keluhan serta pertanyaan selama 24 jam.

3. Pada kesempatan cara cek BPJS aktif atau tidak ini, tanyakan segala informasi yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyiapkan nomor BPJS Kesehatan dan nomor KTP sebelum menghubungi Call Center.

Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak Melalui WhatsApp

BPJS Kesehatan memberikan fasilitas informasi kepesertaan melalui saluran pesan singkat WhatsApp. Cara cek BPJS aktif atau tidak melalui WhatsApp adalah langsung bisa kirim pesan ke nomor 0811 8750 400. Petugas nantinya akan memandu untuk melakukan pengecekan data.

Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak Melalui SMS

1. Cara cek BPJS aktif atau tidak melalui SMS bisa dilakukan dengan NIK (Nomor Kependudukan) di KTP.

2. Cara cek BPJS aktif atau tidak melalui SMS bisa dilakukan dengan menyiapkan NOKA (Nomor Kartu BPJS Kesehatan).

3. Atau Cara cek BPJS aktif atau tidak melalui SMS bisa dilakukan menggunakan NIP (Nomor Induk Pegawai).

4. Cara cek BPJS aktif atau tidak melalui SMS, tinggal pilih salah satu dari tiga format di atas, kemudian kirimkan format tersebut ke nomor 08777 5500 400.

5. Setelah itu, peserta hanya perlu menunggu hingga mendapatkan balasan dari BPJS Kesehatan tentang informasi status kepesertaan.

Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak Melalui Website Secara Online

6 Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak

1. Cara cek BPJS aktif atau tidak melalui website secara online adalah dengan mengunjungi laman resmi BPJS di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking.

2. Perhatikan, cara cek BPJS aktif atau tidak melalui website tidak selalu berhasil karena halaman BPJS kerap mengalami masalah. Maka lebih direkomendasikan cara cek BPJS aktif atau tidak seperti yang sudah dijelaskan di atas.

3. Cara cek BPJS aktif atau tidak melalui website selanjutnya, isi kolom yang tertera pada laman tersebut. Isilah mulai dari nomor kartu BPJS, tanggal lahir serta angka validasi yang telah tertera di layar.

4. Setelah terisi semua, cara cek BPJS aktif atau tidak langsung klik pilihan “Cek”.

5. Situs BPJS Kesehatan akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan. Mulai dari identitas, status kepesertaan, jenis keanggotaan hingga jumlah tanggungan anggota keluarga.

6. Pada bagian bawah, akan tertera daftar tagihan beserta tanggal pembayarannya tiap bulan.

, , , , , , , , , , , , , ,

© 2022 • WISATARUMAHJIWA.COM