4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Bekas jerawat di wajah kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, ada cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang dapat Anda coba lakukan di rumah. Dengan begitu, wajah bersih dan sehat pun dapat Anda peroleh.

Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan, tidak ada salahnya bila Anda mencoba lebih dulu berbagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami di rumah. Selain mudah dilakukan, perawatan wajah dengan menggunakan bahan alami juga cenderung lebih murah dan minim efek samping.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu:

1. Menggunakan lidah buaya

4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Anda bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Lidah buaya mampu memudarkan noda hitam bekas jerawat karena mengandung aloin, yaitu senyawa yang dapat mencerahkan area kulit yang gelap dan mengurangi pigmentasi kulit.

Cara mengggunakannya pun cukup mudah. Lepaskan kulit dari daunnya dan ambil daging lidah buaya yang terlihat bening. Selanjutnya, oleskan daging buah tersebut ke bekas jerawat dengan gerakan melingkar dan bilas dengan air setelah didiamkan selama 30 menit. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari.

Jika Anda tidak mau repot mengambil daging lidah buaya langsung dari tanamannya, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya asli yang tersedia di pasaran. Namun, pastikan Anda membeli produk yang aman dan sudah terdaftar di BPOM.

Baca juga : Cara Mengobati Asam Lambung di Rumah

2. Menempelkan irisan lemon

Lemon juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu memudarkan noda bekas jerawat di wajah dengan baik. Anda juga bisa menggunakan jeruk purut sebagai aleternatif untuk menghilangkan bekas jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menempelkan irisan lemon segar ke bekas jerawat. Sayangnya, pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak memanfaatkan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat karena rentan mengalami iritasi.

3. Mengoleskan soda kue

4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Soda kue dapat berfungsi sebagai exfoliator atau pengelupas sel kulit mati untuk mengurangi bekas jerawat. Caranya, campur 2 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Anda disarankan untuk segera mengoleskan pelembap wajah setelah melakukan perawatan dengan soda kue agar kulit tidak menjadi kering.

4. Membuat masker madu

Madu tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat secara alami, tetapi juga mempercepat penyembuhan luka, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka.

Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami, oleskan madu pada bekas jerawat setiap hari atau gunakan madu sebagai masker wajah. Cara menggunakan masker madu pun cukup mudah. Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu murni ke wajah, diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air bersih.

Secara umum, berbagai bahan alami di atas aman digunakan pada kulit. Namun, sebagian orang bisa saja mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Bila Anda mengalami alergi, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri ke dokter.

Di sisi lain, menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, lakukan berbagai cara menghilangkan bekas wajah di atas secara konsisten dan tentunya penuh kesabaran.

Apabila cara menghilangkan bekas jerawat secara alami telah dilakukan secara rutin tetapi noda bekas jerawat tidak kunjung hilang, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter dapat menentukan jenis perawatan yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

, , , , , , , , , , , , ,

© 2022 • WISATARUMAHJIWA.COM